Melalui DD, Wanatirta Anggarkan Rp. 15,4 Juta Untuk Kaum Disabilitas

Wanatirta (suarapaguyangan.com) – Pemerintah Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, mengalokasikan Dana Desa (DD) sebesar 15,4 juta dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2018 untuk kaum disabilitas.
Hal tersebut dikatakan oleh Maskur (58), selaku Kepala Desa Wanatirta saat di temui di Kantor Kepala Desa Wanatirta, disela-sela tugasnya, Senin (13/11).
Menurutnya, tahun sebelumnya memang pihak Pemerintah Desa Wanatirta belum pernah menganggarkan untuk kaum disabilitas, namun setelah ada pendampingan dari Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) dan Forum Masyarakat Sipil (Formasi) melalui tim penyusun tahun 2018 baru dianggarkan.
” Melalui tim penyusun RKPDes di tahun 2018, Desa Wanatirta melalui DD menganggarkan sebesar Rp. 15,4 juta untuk kaum disabilitas, yang penggunaannya antara lain untuk bantuan kursi roda, dan alat bantu jalan serta untuk menambah modal usaha bagi kaum disabilitas yang produktif,” katanya.
Salah satu penyandang disabilitas Tohid Prastyadi (39), dari Rt 5/01 Desa Wanatirta, yang bekerja sebagai pembuat bahan dasar drumband (Kluwung drumband), adalah salah satu calon penerima bantuan modal tahun 2018 mendatang, mendengar berita tersebut Tohid merasa senang, karena adanya perhatian yang lebih dari Pemerintah Desa Wanatirta.
” Perasaan saya sangat senang, ketika saya mendengar bahwa tahun 2018 nanti, Pemerintah Desa Wanatirta menganggarkan DD untuk kaum Disabilitas diantaranya adalah bantuan untuk permodalan usaha,” kata Tohid.
Tohid menambahkan, dia dan teman-temannya bersyukur dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan untuk penyandang disabilitas, meskipun begitu dia dan teman lainnya tetap semangat bekerja walaupun dengan keterbatasan yang dimilikinya, dan ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa keterbatasan bukan alasan untuk orang tidak bekerja dan berkreatifitas.
” Saya tidak mau memanfaatkan keterbatasan saya dengan meminta belas kasihan orang,  saya lebih bangga bisa  berkreatifitas seperti ini, dan saya ingin sekali mengembangkan usaha saya kalau ada bantuan modal tersebut,” tambahnya.
Hal senada juga dikatakan oleh Kalimah (35) Rt 9/03 Desa Wanatirta, salah satu penyandang disabilitas yang juga berdagang, mengaku senang mendapat informasi tentang bantuan modal untuk kaum disabilitas.
“Saya senang sekali mendapat bantuan modal untuk tahun depan, hal ini sebenarnya saya sudah tahu dari acara Musyawarah Desa (Musdes) di Balai Desa Wanatirta kebetulan saya di undang, dan modal itu nanti akan saya pergunakan untuk memperbanyak dagangan saya,” Tandasnya. (LA/Aa)
Sumber : http://www.suarapaguyangan.com/2017/11/melalui-dd-wanatirta-anggarkan-rp-154.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *