Rakor Forum Kesehatan Desa Wanatirta

Wanatirta (suarapagutangan.com) – Forum Kesehatan Desa (FKD) merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa, dengan adanya FKD ini bisa meningkatkan kesehatan warga masyarakat, tujuan FKD untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Demikian disampaikan Masdar Helmi, S.Kep selaku bagian Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Paguyangan dalam acara Rapat Koordinasi FKD di Balaidesa Wanatirta, Senin (18/12).

Menurut Helmi, FKD juga mempunyai fungsi untuk mengembangkan sistem kesehatan desa yang meliputi kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan pembiayan kesehatan. Selain itu, FKD juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa.

” Dengan Adanya FKD diharapkan Desa Wanatirta turut aktif membangun kesehatan di desa dalam menghadapi desa siaga mandiri karena Desa Wanatirta masih madya, dengan adanya FKD bisa sewaktu waktu berkembang,” tuturnya.

Salah satu peserta dari Kepala RW 04 Topik, menginginkan adanya sosialisasi ke sekolah agar anak anak sekolah tidak membuang sampah di sungai.

” Dilingkungan RW 04 ada sekolah SD yang deket sungai, saya menginginkan pihak puskesmas agar mensosialisasikan kepada anak-anak sekolah dan pedagang agar tidak membuang sampah di sungai karena sampah itu akan mengalir kesawah sawah yang akibatnya sawah menjadi tercemar,” ungkapnya.

Sementara bidan desa Rihastuti, Amd, Keb sudah semaksimal mungkin melaksanakan kegiatan FKD dalam pelayanan Posyandu

” Saya beserta kader Posyandu sudah melaksanakan kegiatan FKD seperti sosialisasi tentang penyakit difteri yang sedang booming saat ini, kepada semua masyarakat Desa Wanatirta melalui pos posyandu yang ada, serts Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kesehatan anak dan ibu hamil. (LA)

Sumber : http://www.suarapaguyangan.com/2017/12/rakor-forum-kesehatan-desa-wanatirta.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *